Update ilmu dan informasi anda mengenai pengetahuan teknologi, komputer, internet, windows 8, blog, tips dan trik serta info gratisan

Mengenal Cara Kerja Keylogger dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh Hertzer Tsaitwase , Pada 11/21/2014 09:33:00 AM , Memiliki 0 comments
Keylogger (perekam ketikan) merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol papan ketik. Keylogger memiliki kemampuan untuk berdiam di antara keyboard dan sistem operasi untuk mencuri semua komunikasi tanpa sepengetahuan user. Keylogger juga dapat menyimpan seluruh data di dalam computer korban, dan data ini nantinya dapat dikirimkan ke remote PC yang dikendalikan oleh si penyerang.

Secara umum, Keylogger bisa berupa perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Fungsinya adalah untuk memonitoring semua aktivitas yang dilakukan oleh user pada sebuah komputer. Mulai dari merekam password yang diketikkan, chatting di instant messaging, program apa saja yang dijalankan oleh user, apa saja yang dilakukan user pada program tersebut, dan semua aktivitas penekanan tombol keyboard dan pergerakan mause pada perangkat komputer yang terpasang Keylogger. Pada beberapa software keylogger yang telah lama beredar juga dapat memasukkan fasilitas peng-capture layar (screenshot) setiap 5 menit sekali, dan outputnya adalah HTML.

Keylogger dapat digunakan untuk kepentingan yang baik atau bahkan bisa digunakan untuk kepentingan yang jahat. Alat ini awalnya digunakan untuk hal-hal yang baik, terutama keamanan komputer, penegakan hukum, pencarian bukti kejahatan atau bahkan untuk memantau kinerja dan produktivitas karyawan dalam bekerja. Namun saat ini lebih sering digunakan untuk tindak kejahatan, diantaranya untuk mencuri berbagai data penting dan password akun milik orang lain.

Keylogger terpopuler berbentuk perangkat keras yang kira-kira besarnya hampir sama seperti baterai ukuran AA. Untuk Keylogger jenis ini biasanya dipasangkan dibagian ujung keyboard, dan kinerjanya adalah dengan mencegat data yang dialirkan dari keyboard menuju CPU. Sedangkan untuk Keylogger dengan bentuk perangkat lunak terpasang langsung pada komputer seperti layaknya perangkat lunak biasa. Namun Keylogger perangkat lunak ini bekerja secara tersembunyi.

Meskipun di dunia ada banyak jenis keylogger, namun dia dikelompokkan menjadi 2 kategori yaitu software-based dan hardware-based.

Keylogger Hardware-based

Keylogger hardware-based jarang digunakan karena keylogger membutuhkan akses ke computer target secara langsung/fisik. Bisa selama proses perakitan atau setelah penyebaran. Beberapa jenis hardware dapat diinstall saat proses perakitan, seperti BIOS-level keylogger. Hardware keylogger lainnya dapat diimplementasikan melalui USB flash drive atau sebagai konektor palsu untuk keyboard yang berada diantara kabel keyboard dan PC. Keylogger hardware-based memang sulit diterapkan namun bisa lebih fleksibel bagi penyerang karena keylogger tersebut merupakan OS sendiri.

mengenal cara kerja keyloggermengenal cara kerja keylogger

Cara kerja Hardware Keylogger, cukup diinputkan ke port PS2, lalu inputkan port keyboard diatasnya. keylogger yang ditancapkan pada keyboard akan menrecord semua segala aktivitas menggunakan keyboard. Cara ini lebih efektif daripada software keylogger. Dikarenakan antivirus tidak bisa mendetectnya. Walau cenderung mahal, tapi alat ini dapat menyimpan data rekaman sampai setahun lamanya. Alat ini juga diluar dari system. Menyimpan di memory tersendiri. Sehingga hanya orang yang mengaktifkannya yang dapat membuka nya.

Ada satu kekurangannya, hardaware keylogger dapat terlihat, jadi, kalau anda online di warnet/komputer publik, dan melihat sesuatu yang aneh di port keyboardnya. Berhati-hatilah, mungkin saja komputer yang anda gunakan sudah dipasangi Keylogger.

Keylogger Software-based

Keylogger software-based lebih mudah masuk kedalam komputer target karena tidak memerlukan akses fisik ke computer tersebut. Secara umum keylogger bisa meniru sebuah API pada system operasi target, yang memungkinkan untuk keylogger untuk merekam setiap keystroke yang dibuat.

Software bekerjanya keyloger ini sangat sederhana, dimana dia akan berjalan tanpa sepengatahuan sipengguna lain kecuali usernya. tinggal di instal dikomputer lalu orang yang menggunakan komputer tersebut akan terekam seluruh kegiatan nya termasuk kegiatan memasukkan "password dan username" email atau akun login perusahaan.

Aplikasi ini juga bisa di modifikasi menjadi sebuah trojan, dimana dia akan melakukan instal sendiri begitu si penerima email membukanya. Selanjutnya trojan ini akan mencatat semua aktifitas Anda dan mengirimkan data-data tadi ke sipencuri melalui email saat komputer korban terkoneksi.

Untuk cara kerja Keylogger berbentuk perangkat lunak berbeda satu sama lain tergantung jenisnya. Setidaknya ada 5 macam jenis Keylogger perangkat lunak dengan cara kerja yang berbeda-beda. Beberapa diantaraya adalah: Keylogger perangkat lunak berbasis API, Keylogger perangkat lunak berbasis Hypervisor, Keylogger perangkat lunak dengan cara menangkap formulir, Keylogger perangkat lunak berbasis Kernel, Keylogger dengan Packet analyzers

Sebuah alat Keylogger pada akhirnya akan menyimpan hasil pemantauan dari aktivitas penekanan tombol keyboard ke dalam sebuah berkas cecatat (log file). Sementara itu, beberapa Keylogger tertentu bahkan bisa mengirimkan hasil rekamannya ke surel tertentu secara berkala. Memang jika diperhatikan lebih unggul Keylogger berbentuk perangkat lunak karena dapat ditambah dengan fitur yang mampu menangkap informasi pengguna tanpa harus bergantung pada penekanan tombol keyboard sebagai input tunggal.

Mendeteksi keylogger biasanya cukup sulit karena aktifitas keylogger tidak seperti program jahat lainnya. Keylogger tidak mencari data penting yang ada di computer Anda dan keylogger juga tidak merusak data-data Anda. Karena memang beberapa malware keylogger tersebut dirancang agar tetap tenang dan tidak terdeteksi. Tapi saat ini banyak produk anti malware yang dapat mendeteksi dan menghapus keylogger tersebut. Kecuali untuk keylogger yang telah dikustom oleh penyerang. Oleh karena itu, untuk menghindari keylogger pastikan computer Anda terinstall antivirus dan selalu update.

Selain itu, gunakan metode copy-paste password atau gunakan virtual keyboard untuk login ke situs-situs penting seperti ibanking atau email perusahaan Anda. Karena pada teknik ini kunci utamanya berasal dari input data yang kita masukkan ke komputer, jika kita menggunakan metode copy-paste atau virtual keybord maka jejak input melalui papan keyboard bisa kita kurangi dan tidak begitu terlihat. Fitur virtual keyboard sudah ada pada sistem operasi microsoft windows, untuk mengaktifkannya tinggal cari fitur on-screen keyboard (osk.exe) melalui start windows.
http://id.wikipedia.org/wiki/Perekam_ketikan
http://portal.paseban.com/article/99812/keylogger
http://fajar-diaz.blogspot.com/2012/03/fungsi-dan-cara-kerja-keylogger.html
http://mediabisnisonline.com/mengenal-ancaman-keylogger-dan-bagaimana-melindungi-komputer-anda-dari-keylogger/
http://misterabib.blogspot.com/2013/04/bahaya-keylogger.html
Bantu share artikel ini:

Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Hertzer Tsaitwase

Mengenal Cara Kerja Keylogger dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh Hertzer Tsaitwase , Pada Jam 11/21/2014 09:33:00 AM

Kategori Hardware , Komputer , Laptop , Software , Tips and Trick

Komentar 0 comments

HATI-HATI BAHAYA COPY PASTE!!!

Dilarang meng-copy paste artikel ini tanpa izin!

Jika anda ingin meng-copy artikel ini mohon disertai link ke blog ini.
0 comments Add a comment

Harap Baca Sebelum Komentar
=======================
- Sebelum berkomentar like, tweet, +1, share, follow google plus dulu ya
- Dilarang promosi/live link
- Dilarang berkata kotor
- Dilarang OOT (komentar yang tidak relevan tidak akan saya tampilkan)
- Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
=======================
TERIMA KASIH

Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Blog Hertzer ZonE
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger