Tempat update ilmu dan informasi anda mengenai pengetahuan teknologi, komputer, internet, windows 8, blog, tips dan trik serta info gratisan

Tips Hindarkan Laptop Dari Pencurian

Ditulis oleh Hertzer , Pada 2/15/2014 10:07:00 AM , Memiliki 9 comments
Computrace LoJack for Laptops menyatakan bahwa ada sekitar 600.000 komputer pribadi atau laptop yang dicuri setiap tahun. Dengan informasi tadi, kita sebagai pemilik laptop harus berhati-hati terhadap laptop yang kita pakai. Jika sampai laptop anda dicuri pastilah menjadi masalah yang cukup serius apalagi jika di dalamnya ada file-file penting.

Dengan masalah utama pencurian laptop, saya pada kesempatan ini akan memberikan beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menghindarkan laptop dari aksi pencurian. Sebenarnya tips untuk menghindarkan laptop dari pencurian itu cukup simpel yaitu dengan menyamarkan laptop tersebut agar tidak terlihat oleh pencuri. Nah, untuk lebih jelasnya nanti kita bisa menyimak beberapa tips untuk mengamankan laptop dari pencurian.

Tips Hindarkan Laptop dari Pencurian

1. Gunakan Tas Laptop yang Tidak Mencolok

Penggunaan tas laptop yang mencolok tentu akan memicu adanya aksi pencurian terhadap laptop anda yang ada di dalam tas tersebut. Maka dari itu bila anda bepergian dan ingin membawa laptop ke suatu tempat, gunakanlah tas yang tidak mencolok perhatian orang. Contoh : Menggunakan tas ransel yang tidak terlihat bahwa kita sedang membawa laptop di dalamnya.

Hindari juga menggunakan tas dari produksi merek laptop tersebut, karena hal ini sangat beresiko dan memudahkan terjadinya tindakan pencurian

2. Jangan Tinggalkan Tas dan Laptop Sembarangan

Jangan sekali-kali meninggalkan tas yang berisi laptop di tempat umum atau tempat ibadah. Bila ingin meninggalkannya, carilah tempat penitipan barang yang ada di sekitar tempat tersebut. Hal ini berguna agar kita tidak perlu cemas lagi memikirkan tas kita.
Baca : Cara Melindungi Laptop dari Serangan Virus Berbahaya

3. Lindungi Data Penting

Jika di dalam laptop anda terdapat file yang sangat penting dan sensitif, jangan lupa untuk meng-hidden file tersebut atau gunakan aplikasi enkripsi untuk menjaga kerahasiaannya. Dan untuk berjaga-jaga, selalu back up data anda ke dalam harddisk atau flashdisk khusus untuk berbagai file penting dan simpanlah di tempat yang aman.

4. Buat Password

Buatlah kode rahasia atau password pada saat login ke dalam windows. Hal ini berguna untuk menjaga kerahasiaan data di dalam laptop kita sehingga tidak mudah dimasuki oleh sembarang orang, apalagi yang berniat untuk mencuri data-data penting milik kita.

Buatlah juga password pada folder-folder yang sangat penting untuk meningkatkan keamanan data-data yang anda miliki.

5. Berilah Tanda pada Laptop

Penggunaan tanda ini bertujuan agar laptop yang kita miliki mempunyai ciri spesifik atau ciri khas sehingga mudah untuk dikenali. Gunakan 2 tanda sekaligus sebagai pengenal laptop, tanda pertama di letakkan di luar laptop dan tanda kedua di letakkan di bagian dalam laptop yang sulit dilihat.

Penggunaan dua tanda sekaligus bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak kita inginkan. Apabila pencuri laptop telah menghilangkan tanda pertama yang sudah kita tempel, kita masih memiliki satu tanda lagi yang berada di dalam laptop. Cara ini memang kelihatan sedikit aneh, tapi sesungguhnya ini sangat bermanfaat.

6. Asuransikan Laptop

Saat ini sudah banyak penyedia jasa asuransi yang menyediakan jasa asuransinya untuk barang-barang elektronik, khususnya laptop. Bukan hal yang tidak mungkin bila anda ingin mengasuransikan laptop anda, apalagi bisa laptop anda memiliki harga hingga puluhan juta rupiah.
Baca : Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama
Seperti itulah beberapa tips saya untuk menghindarkan laptop dari aksi pencurian. Semoga saja tips dari saya bisa membantu anda untuk melindungi laptop dari pencurian. Jika anda memiliki tips tambahan atau tips lain, anda bisa menambahkannya melalui kotak komentar di bawah.
Buku : Karangan D. Hendrik Mulyana yang berjudul "cara mudah mengenal dan membedah laptop"
Bantu share artikel ini:

Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Hertzer

Tips Hindarkan Laptop Dari Pencurian

Ditulis oleh Hertzer , Pada Jam 2/15/2014 10:07:00 AM

Kategori Komputer , Laptop , Tips and Trick

Komentar 9 comments

HATI-HATI BAHAYA COPY PASTE!!!

Dilarang meng-copy paste artikel ini tanpa izin!

Jika anda ingin meng-copy artikel ini mohon disertai link ke blog ini.
9 comments Add a comment
Laptop sudah jadi barang mewah ternyata, sampai2 ada asuransinya. :D
Iya gan, tapi itu khusus buat yang harganya puluhan juta..
Delete
Reply Delete
memang sangat sangat rawan nih kalau sampai laptop tercuri sebab data data penting pun berada disana gan, terima kasih sudah memberikan tips yang sangat bermanfaat
Reply Delete
ternyata luamyan susah yah tips nya, tapi demi kemanan laptop harus dilakukan :)
From: www.blog-asrofi.blogspot.com
Reply Delete
ciee domain baru ciee, terus pasang iklan kliksaya juga ciee
iya.. coba PPC baru aja soalnya blog udah di banned adsense dulu..
Delete
Reply Delete
Gue jarang bray bawa laptop bepergian. ._.
Reply Delete
bener banget gan, tp ya namanya apes masih hilang juga :D
enak kau laptopnya bisa dilacak dengan semacam GPS, :D
masih ketemu walaupun dibawa maling dsb. :)
bisa pakai GPS, tapi harganya?
Delete
Reply Delete

Harap Baca Sebelum Komentar
=======================
- Sebelum berkomentar like, tweet, +1, share, follow google plus dulu ya
- Dilarang promosi/live link
- Dilarang berkata kotor
- Dilarang OOT (komentar yang tidak relevan tidak akan saya tampilkan)
- Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
=======================
TERIMA KASIH

Bck
Cancel Reply
Copyright © 2012- Blog Hertzer ZonE
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->