Tempat update ilmu dan informasi anda mengenai pengetahuan teknologi, komputer, internet, windows 8, blog, tips dan trik serta info gratisan

Cara Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama Part 2

Ditulis oleh Hertzer , Pada 12/26/2013 06:05:00 PM , Memiliki 2 comments
Melanjutkan tips saya mengenai cara merawat laptop agar awet dan tahan lama pada artikel sebelumnya. Jika anda belum membacanya, silahkan baca : cara merawat laptop agar awet dan tahan lama. Inilah tips selanjutnya dari saya :

7. Gunakan Cooling Pad

Ketika menggunakan laptop dalam jangka waktu yang cukup lama atau menggunakan laptop untuk bekerja keras akan membuat laptop cepat panas. Oleh sebab itu gunakanlah cooling pad untuk membantu sirkulasi udara pada laptop. Cooling pad ini berfungsi untuk mempercepat sirkulasi udara panas yang dihasilkan oleh laptop saat bekerja.

Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Cooling pad bekerja dengan cara langsung membuang udara panas dari laptop dan diganti dengan udara yang masih dingin dan segar dari luar laptop. Jika tidak memiliki cooling pad bisa anda ganti dengan kipas angin kecil seperti yang saya lakukan dulu.

8. Hindari Pemakaian Hardware yang Berlebihan

Pemakaian hardware yang berlebihan dapat membuat konsumsi baterai laptop lebih besar. Karena kebanyakan piranti eksternal yang digunakan pada laptop memakai daya pada USB laptop. Sebaiknya kurangi penggunaan piranti ekstrnal yang berlebihan pada laptop karena dapat mempengaruhi ketahanan baterai laptop.

Sebenarnya pemakaian piranti eksternal tidak begitu berpengaruh besar pada laptop, apalagi jika penggunaan piranti tersebut kurang dari satu jam. Namun bila penggunaan piranti eksternal tersebut lebih dari satu jam atau penggunaannya banyak, maka dapat mengurangi daya tahan baterai dengan cepat.

9. Hindari dari Medan Magnet yang Kuat

Hindari laptop dari berbagai benda yang mengandung medan magnet yang kuat seperti handphone, speaker, dll (biasanya benda elektronik mengandung medan magnet kuat). Hal ini dilakukan agar melindungi data-data yang tersimpan pada harddisk. Sebaiknya jika ingin meletakkan handphone atau benda elektronik lainnya di dekat laptop, berikan jarak sekitar dua jengkal antara laptop dengan benda elektronik tadi.

10. Bersihkan Baterai Laptop Secara Berkala

Untuk menjaga keawetan baterai laptop sebaiknya cek baterai laptop secara berkala, minimal seminggu 2 kali. Kemudian lakukanlah pembersihan pada lempengan tembaga baterai dengan menggunakan bahan yang lembut. Jika baterai laptop anda menggunakan Lithium Ion (Li-Ion), jangan pernah menggunakan baterai laptop sampai baterainya benar-benar habisa (kalibrasi). Karena hal tersebut dapat membuat daya tahan baterai menjadi berkurang, begitupun dengan umur baterainya.

11. Pilih Hibernate, Jangan Sleep

Pilihlah mode hibernate ketika ingin menggunakan laptop kembali dalam jangka waktu 3-4 jam. Karena mode hibernate akan lebih menghemat baterai dan juga tidak mempengaruhi beban laptop dibandingkan mode sleep.

12. Kurangi Tingkat Pencahayaan LCD Laptop

Pastikan pencahayaan LCD laptop tidak lebih dari level 4 (skala hingga 10). Cara ini digunakan untuk menghemat baterai laptop agar tidak cepat habis meskipun tidak dihubungkan dengan arus listrik. Dengan begitu kita dapat menghemat baterai antara 30% hingga 50% dari waktu biasanya baterai bertahan tanpa arus listrik.

13. Tambahkan RAM Bila Perlu

Jika anda sering menggunakan aplikasi yang menggunakan memory yang besar seperti aplikasi multimedia, game besar, dll. Sebaiknya segera upgrade RAM laptop anda karena aplikasi tadi sangat membutuhkan memory yang besar. Upgrade RAM dilakukan agar kinerja laptop tetap maksimal.
Baca : Cara Melindungi Laptop dari Serangan Virus Berbahaya
Jika anda tetap memaksakan mengoperasikan aplikasi yang menggunakan memory yang besar pada laptop dengan memory yang kecil, maka kinerja laptop akan lemot karena kurangnya memory pada laptop tersebut. Hal ini juga sangat membebani kinerja CPU (baca kembali ulasan mengenai "kurangi beban pada CPU" yang tentunya juga akan membuat baterai laptop cepat habis.

Merawat laptop memang tidak semudah menggunakannya, namun kita harus tetap merawat laptop kita. Karena ketika kita merawat laptop kita dengan baik, maka otomatis kinerja laptop akan tetap maksimal. Sekian tips dari saya mengenai cara merawat laptop agar awet dan tahan lama.
Buku : karangan D. Hendrik Mulyana yang berjudul "cara mudah mengenal dan membedah laptop"
Bantu share artikel ini:

Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Hertzer

Cara Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama Part 2

Ditulis oleh Hertzer , Pada Jam 12/26/2013 06:05:00 PM

Kategori Komputer , Laptop , Tips and Trick

Komentar 2 comments

HATI-HATI BAHAYA COPY PASTE!!!

Dilarang meng-copy paste artikel ini tanpa izin!

Jika anda ingin meng-copy artikel ini mohon disertai link ke blog ini.
2 comments Add a comment
laptop memang haru sering-sering dapat perawatan ya gan biar awet
:D
http://baho-punya.blogspot.com (baclink gan )
sangat membantu gan,thanks
Delete
Reply Delete

Harap Baca Sebelum Komentar
=======================
- Sebelum berkomentar like, tweet, +1, share, follow google plus dulu ya
- Dilarang promosi/live link
- Dilarang berkata kotor
- Dilarang OOT (komentar yang tidak relevan tidak akan saya tampilkan)
- Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
=======================
TERIMA KASIH

Bck
Cancel Reply
Copyright © 2012- Blog Hertzer ZonE
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->