Tempat update ilmu dan informasi anda mengenai pengetahuan teknologi, komputer, internet, windows 8, blog, tips dan trik serta info gratisan

Cara Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama

Ditulis oleh Hertzer , Pada 12/25/2013 07:28:00 PM , Memiliki 3 comments
Laptop memiliki banyak komponen yang harus selalu dirawat dengan baik oleh pemakainya. Perawatan ini berguna agar komponen laptop tadi tetap awet dan berfungsi secara maksimal. Dengan melakukan perawatan secara berkala terhadap laptop anda, maka umur laptop anda pun akan semakin panjang. Fakta membuktikan bahwa banyak orang yang memiliki laptop tetapi tidak bisa menggunakan laptop dengan benar, apalagi untuk merawat laptop tersebut.

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan beberapa tips yang sudah saya rangkum menjadi beberapa point-point penting. Tips ini saya dapatkan dari buku karangan D. Hendrik Mulyana yang berjudul "cara mudah mengenal dan membedah laptop". Di dalam buku tersebut dijelaskan beberapa cara merawat laptop agar awet dan tahan lama.

Sebenarnya dulu saya juga pernah membahas artikel yang hampir mirip dengan artikel yang akan saya tulis kali ini yaitu mengenai : Cara Agar PC Tidak Lemot dan Bekerja Lebih Cepat. Tetapi pada artikel kali ini ada beberapa point penting yang dahulu belum saya bahas. Berikut ini beberapa tips merawat laptop agar awet :

1. Pasang Pelindung

Hal pertama yang sebaiknya anda lakukan setelah membeli laptop yaitu memasang pelindung pada laptop, baik pelindung layar (screen guard) maupun pelindung keyboard. Pelindung ini akan berfungsi untuk menghindari kerusakan fisik pada laptop sekaligus untuk memudahkan kita dalam proses pembersihan.

Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Kemudian pada saat membawa laptop bepergian sebaiknya gunakan tas yang terdapat tempat meletakkan laptop. Hal ini dimaksudkan agar laptop terhindar dari guncangan-guncangan saat anda bergerak kesana-kemari.

2. Lakukan Defragment Secara Berkala

Semakin sering anda menggunakan laptop untuk bekerja dan menyimpan file, maka secara otomatis file pada harddisk akan penuh. Tidak mengherankan jika performa laptop akan menurun dan laptop akan menjadi lambat.

Salah satu cara agar kinerja laptop tetap maksimal yaitu dengan menggunakan aplikasi defragment. Disk Defragment dapat dilakukan dengan aplikasi bawaan windows atau bisa juga menggunakan software pihak ketiga seperti TuneUp Utilities.

Cara melakukan defragment pada windows 7 yaitu :
> Klik start lalu pilih all program, kemudian pilih accesories, setelah itu pilih system tools lalu klik aplikasi disk defragment.

Sedangkan cara melakukan defragment pada windows 8 yaitu :
> Ketik "defragment" pada start menu, kemudian pilih tab setting pada hasil pencarian, lalu klik defragment and optimize your drives.

3. Gunakan Laptop pada Tempatnya

Jangan mengoperasikan laptop di tempat tidur / benda yang empuk lainnya. Laptop yang di letakkan pada benda yang empuk akan mengakibatkan suhu pada laptop menjadi tidak stabil karena kurangnya ventilasi udara. Jika ingin menggunakan laptop di tempat tidur, sebaiknya berikan alas yang keras untuk meletakkan laptop tersebut serta pastikan ada celah untuk laptop bernafas.

Jangan menggunakan paha sebagai alas laptop, karena panas yang berasal dari laptop dapat mengganggu kesehatan anda. Saya pernah membaca bahwa menggunakan paha sebagai alas laptop dalam jangka waktu yang cukup lama dapat mengakibatkan beberapa penyakit seperti kanker, lumpuh, dsb.

4. Jangan Menaruh Minuman di Dekat Laptop

Kebiasaan orang yang salah yaitu meletakkan minuman di samping laptop. Sebaiknya kebiasaan ini mulai dikurangi, bahkan kalau bisa dihindari. Karena meletakkan minuman di dekat laptop dapat tersentuh tangan, jatuh dan air tumpahannya mengenai laptop. Hal ini dapat membuat laptop anda korslet dan rusak.

5. Hindari Mengisi Baterai pada Saat Digunakan

Hal ini sangat sering dilakukan orang-orang, bahkan anda mungkin pernah melakukannya. Mungkin hal tersebut dilakukan karena takut pekerjaan yang sedang dilakukan tertunda ketika baterai laptop habis.

Menggunakan laptop pada saat pengisian baterai sudah sangat jelas dapat mengurangi umur baterai dengan cepat, sehingga baterai menjadi cepat drop. Bahkan banyak juga yang baterai laptopnya mati dengan cepat ketika arus listrik padam. Itulah resiko yang harus anda terima jika anda mengisi baterai pada saat menggunakan laptop.

Hal yang sebaiknya dilakukan yaitu menggunakan laptop saat baterai sudah penuh sehingga tidak perlu mengisi baterai pada saat menggunakan laptop. Bisa juga dengan cara melepas baterai ketika ingin menghubungkan laptop dengan sumber arus listrik.

6. Kurangi Beban CPU

Hal yang dapat dilakukan agar beban CPU tidak berat yaitu dengan mematikan aplikasi yang tidak penting. Kebanyakan orang membuka banyak aplikasi sekaligus dengan anggapan mempercepat kinerja mereka, padahal melakukan hal tersebut sangat membebani CPU sehingga laptop bisa menjadi lambat serta dapat mengurangi daya tahan baterai. Jadi sebaiknya matikan aplikasi yang tidak penting agar kinerja laptop tetap maksimal dan daya tahan baterai tetap terjaga.

Aktifitas seperti mengoperasikan software multimedia maupun game besar sebenarnya sangat membebani CPU. Hal tersebut tentunya dapat menyebabkan daya pada CPU laptop cepat habis. Jadi, prioritaskan pemakaian laptop dengan bijaksana.

Langkah ke 7 hingga 13 akan saya lanjutkan pada artikel saya selanjutnya. Baca : cara merawat laptop agar awet dan tahan lama part 2.
Buku : Karangan D. Hendrik Mulyana yang berjudul "cara mudah mengenal dan membedah laptop"
Bantu share artikel ini:

Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Hertzer

Cara Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama

Ditulis oleh Hertzer , Pada Jam 12/25/2013 07:28:00 PM

Kategori Komputer , Laptop , Tips and Trick

Komentar 3 comments

HATI-HATI BAHAYA COPY PASTE!!!

Dilarang meng-copy paste artikel ini tanpa izin!

Jika anda ingin meng-copy artikel ini mohon disertai link ke blog ini.
3 comments Add a comment
oke, bisa di coba

http://goo.gl/xo1QHr
Reply Delete
gan sorry ne agak nyimpang sikit, gimana cara meng ingstal games angry birds pada windows 8, abis udah banyak games angry birds yg aku instal nggk ada yg bisa dipakai.. klw bisa mintak games angry birdsnya yg bisa dimaenkan diwindows 8.. thank..
tidak bisanya karena apa? apa ada pesan errornya?
Delete
Reply Delete

Harap Baca Sebelum Komentar
=======================
- Sebelum berkomentar like, tweet, +1, share, follow google plus dulu ya
- Dilarang promosi/live link
- Dilarang berkata kotor
- Dilarang OOT (komentar yang tidak relevan tidak akan saya tampilkan)
- Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
=======================
TERIMA KASIH

Bck
Cancel Reply
Copyright © 2012- Blog Hertzer ZonE
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->