Tempat update ilmu dan informasi anda mengenai pengetahuan teknologi, komputer, internet, windows 8, blog, tips dan trik serta info gratisan

Cara Merawat Baterai Handphone Android Agar Tetap Awet

Ditulis oleh Hertzer , Pada 4/19/2012 07:12:00 PM , Memiliki 1 comment
Cara Merawat Baterai HandphoneBaterai handphone atau HP sering drop pastinya sangat menjengkelkan bagi semua orang. Apa lagi kalau sedang asyik buat internetan, nge-game, dengerin musik atau SMS pacar tiba-tiba HP mati (peeT!) pasti lebih menjengkelkan lagi.

Untuk mencegah hal itu terjadi saya akan memberikan tips merawat baterai HP agar awet dan tahan lama.

Berikut tips merawat baterai HP agar awet dan tahan lama:

1. ChargeHP pada keadaan mati.
Jika kalian sedang mengecas baterai, sebaiknya HP dalam keadaan mati. Jika HP menyala akan terjadi arus keluar masuk secara bergantian yang akibatnya akan merusak molekul dalam baterai. Ini juga akan mengakibatkan terjadinya memory effect pada baterai. Apa lagi saat kita mengecas HP trus malah digunakan untuk koneksi, itu akan menambah beban pada proses kimia dalam baterai.

 2. Jangan mengecas HP sebelum waktu yang semestinya.
Jangan sampai baterai yang belum habis malah dicas, mengecas baterai HP pada saat indikator baterai masih penuh atau masih separo penuh. Hal ini juga tidak disarankan, karena selain pemborosan listrik, juga bisa mengakibatkan over daya (baterai bisa menggelembung-bocor) sehingga malah menurunkan kinerja baterai HP.

 3. Jangan menunggu baterai HP sampe bener-bener mati (peeT!).
Mengecas baterai pada saat indikator baterai dalam keadaan vakum alias 0 (nol). Selain mengakibatkan memperlama waktu pengecasan, tindakan tersebut bisa mengakibatkan menurunkan performa/kinerja baterai HP.

 4. Jangan mengecas HP kurang dari waktu yang seharusnya.
Pada baterai baru misalkan dianjurkan 8 jam waktu pengecasan tetapi karena suatu sebab baru 3 jam pengecasan HP sudah kita gunakan dan pengecasan pun terpaksa kita hentikan. Sedang pada baterai lama waktu pengecasan maksimal hanya sampai indikator pengecasan penuh (full charge). Kurang dari itu tidak disarankan karena bisa menyebabkan menurunnya kinerja baterai.

 5. Jangan mengecas HP lebih dari waktu yang seharusnya.
Misalnya pada baterai baru disarankan pengecasan 8 jam non stop, tetapi karena suatu sebab (biasanya sih lupa..) pengecasan mulur (kaya permen karet donk, hehe...) sampai melebihi 8 jam bahkan ada yang sampe ditinggal tidur dari sore sampe pagi. Akibatnya performa baterai terganggu atau yang lebih fatal baterai akan menggelembung (bocor/pecah). Sekali dua kali mungkin belum terjadi efek apa-apa tetapi jika tindakan seperti itu terus berulang tentu akan terjadi hal yang tidak kita inginkan.

 6. Kurangi menerima atau menelphone di dalam mobil.
Kurangi menerima atau menelphone di dalam mobil. Karena pada saat itu HP akan berusaha keras mencari sinyal dari BTS (Base Transceiver Station) terdekat. Ketika kita bergerak menjauh dari BTS maka pada saat itu dia berusaha mencari sinyal pada BTS yang lebih dekat. Aktivitas seperti itulah yang memakan energi baterai lumayan besar. Apalagi kita melakukan koneksi internet dalam kondisi bergerak dengan kecepatan tinggi.
Bantu share artikel ini:

Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Hertzer

Cara Merawat Baterai Handphone Android Agar Tetap Awet

Ditulis oleh Hertzer , Pada Jam 4/19/2012 07:12:00 PM

Kategori Android , Handphone , Tips and Trick

Komentar 1 comment

HATI-HATI BAHAYA COPY PASTE!!!

Dilarang meng-copy paste artikel ini tanpa izin!

Jika anda ingin meng-copy artikel ini mohon disertai link ke blog ini.
1  comment Add a comment
Bagus,sangat bermanfaat.trus berkarya,bro.
Reply Delete

Harap Baca Sebelum Komentar
=======================
- Sebelum berkomentar like, tweet, +1, share, follow google plus dulu ya
- Dilarang promosi/live link
- Dilarang berkata kotor
- Dilarang OOT (komentar yang tidak relevan tidak akan saya tampilkan)
- Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
=======================
TERIMA KASIH

Bck
Cancel Reply
Copyright © 2012- Blog Hertzer ZonE
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->